BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Sabtu, 25 Desember 2010

Ilmu Budaya Dasar


Pengertian Ilmu Budaya Dasar
Ilmu Budaya Dasar adalah suatu pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Sedangkan kebudayaan itu sendiri adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi sebagai pedoman dalam menunjukan jalan atau arah didalam bertindak dan berfikir untuk memenuhi kebutuhan hidup baik jasmani maupun rohani.

Latar belakang ilmu budaya dasar dalam konteks budaya, negara, dan masyarakat Indonesia berkaitan dengan berbagai masalah
1.       1. Kenyataan bahwa Indonesia terdiri atas berbagai  suku bangsa dan segala keanekaragaman budaya  yang tercermin dalam berbagai aspek kebudayaan
2.      2. Proses pembangunan yang berupa terjadinya perubahan dan pergeseran sistem nilai budaya yang dapat mempengaruhi mental manusia yang mengakibatkan terjadinya benturan nilai budaya yang akan menimbulkan konflik dalam kehidupan.
3.       3. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menimbulkan perubahan kondisi kehidupan manusia, menimbulkan konflik dengan tata nilai budayanya.

Untuk bisa mewujudkan tujuan Ilmu Budaya Dasar, IBD diharapkan dapat :
1.     1. Berusaha manciptakan respon/kepekaan terhadap lingkungan budaya, agar dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru.
2.       2. Memperluas pandangan mengenai masalah kemanusiaan dan budaya.
3.       3. Melatih diri sebagai calon pemimpin bangsa dan Negara serta ahli dalam bidang disiplin ilmu.
4.       4. Menyediakan wahana komunikasi agar lebih mampu berdialog dan berkomunikasi dengan baik.

Pokok-pokok bahasan yang dikembangkan adalah :
1.       1. Manusia dan cinta kasih
2.       2. Manusia dan keindahan
3.       3. Manusia dan penderitaan
4.       4. Manusia dan keadilan
5.       5. Manusia dan pandangan hidup
6.       6. Manusia dan tanggungjawab serta pengabdian
7.       7. Manusia dan kegelisahan
8.       8. Manusia dan harapan

Kamis, 23 Desember 2010

Kejagung: Jaksa Kasus Gayus Lakukan Pelanggaran Berat

JAKARTA. Jaksa Agung Muda Pengawasan Kejaksaan Agung, Hamzah Tadza, menyatakan bahwa jaksa yang menangani kasus Gayus Tambunan telah melakukan pelanggaran berat. “Kalau ditanya jenis pelanggarannya apa, saya katakan pelanggaran berat,” kata Hamzah di gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, Kamis (8/4).
Hamzah menegaskan, karena ditemukan indikasi kesengajaan, tidak menutup kemungkinan akan berujung pada pemberhentian tidak hormat. Pemberhentian tidak hormat akan menunggu seluruh hasil pemeriksaan selesai dilakukan dengan juga melakukan konfrontir dengan Gayus Tambunan, penyidik kepolisian, serta pengacara Gayus.
Pelanggaran berat yang dilakukan oleh jaksa yang menangani perkara Gayus bertentangan dengan Peraturan Pemerintah (PP) No. 30/1980. PP itu menyebutkan bahwa setiap pegawai negeri harus “disiplin”, yakni disiplin dalam ucapan, tulisan, dan perbuatan baik di dalam maupun di luar jam kerja.
Hamzah menegaskan, jika kemudian ditemukan ada indikasi pidana, yakni menerima uang alias gratifikasi dalam menangani perkara, maka mengacu pada PP No. 20/2008, Jaksa Agung berhak memberhentikan sementara statusnya sebagai jaksa berdasarkan rekomendasi Jaksa Agung Muda Pengawasan. “Apabila nanti ada salah seorang jaksa terbukti pidana Jaksa Agung berhak memberhentikan,”tandasnya.
Kejaksaan Agung sendiri telah telah menetapkan lima orang aparaturnya sebagai terlapor dugaan pelanggaran etika profesi dalam kasus pajak Gayus Halomoan Tambunan. Para terlapor itu adalah jaksa P16 selaku peneliti Cirus Sinaga, Fadil Regan, Eka Kurnia Sukmasari, dan Ika Savitrie Salim dan jaksa P16A Nazran Aziz dari Kejari Tangerang, sebagai jaksa sidang.
Para pejabat struktural yang turut diperiksa adalah Kasubbag Tata Usaha pada Direktorat Prapenuntutan Rohayati, karena mengetahui alur administrasinya, Kasubdit Kamtibum dan TPUL pada Direktorat Prapenuntutan Jampidum Mangiring, yaitu tempat berkas masuk. Tak lupa, Direktur Prapenuntutan Poltak Manullang, Direktur Penuntutan Pohan Lasphy, juga ikut diperiksa.
Hamzah menegaskan, dalam pemeriksaan yang dilakukan tersebut yang paling bertanggungjawab adalah Ketua Jaksa Peneliti Berkas Cirus Sinaga yang sekarang menjadi Asisten Pidana Khusus di Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah serta Direktur Prapenuntutan Poltak Manulang yang menjadi Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku. “Dalam kasus ini keduanya yang paling bertanggung jawab,”tegasnya. Hamzah bilang, jabatan struktural keduanya kini sudah resmi dicopot.
 Sumber : Antara, 8 April 2010

Sabtu, 04 Desember 2010

Lubang Hidung Kanan dan Kiri Punya Fungsi Berbeda

Manusia diciptakan dengan dua lubang hidung kanan dan kiri yang lebih sering menghirup dan menghembuskan udara secara bersamaan. Tapi tahukah Anda bila lubang hidung kanan dan kiri memiliki fungsi berbeda?

Lubang hidung kanan dan kiri masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Menghembuskan napas dari masing-masing lubang pun memiliki khasiat penyembuhan yang berbeda.

Dilansir Sanatansociety, Selasa (30/11/2010) setiap lubang hidung ketika beroperasi secara independen dapat mempengaruhi kimia tubuh dengan cara yang berbeda. Ketika kedua lubang hidung bekerja secara bersamaan, kimia tubuh juga mengalami perubahan.

Lubang hidung kanan sering diibaratkan sebagai matahari yang memiliki karakter panas. Lubang hidung kanan berfungsi mengeluarkan udara panas dalam tubuh, sehingga dapat meningkatkan sekresi asam.

Lubang hidung kiri diibaratkan sebagai bulan yang mengeluarkan udara dingin. Menghembuskan udara dari lubang hidung kiri dapat meningkatkan pengeluaran alkali (basa).

Baik lubang hidung kanan dan kiri berhubungan dengan sisi berlawanan dari belahan otak dan lobus penciuman. Hidung berada dalam kontak langsung dengan hipotalamus melalui jalur dengan lobus pencium di otak. Hipotalamus adalah bagian dari sistem limbik, yang terkait dengan emosi dan motivasi.

Lubang hidung melalui proses respirasi dihubungkan dengan respons neuromotor dan dengan sistem saraf otonom. Respons neuromotor ini mempengaruhi belahan otak (hemisphere) dan juga aktivitas kimia otak, yang pada akhirnya mempengaruhi semua fungsi tubuh.

Bernapas melalui lubang hidung kiri mempengaruhi aktivitas kortikal otak di sisi kanan, dan sebaliknya. Belahan otak kanan yang dipengaruhi oleh dominasi lubang hidung sebelah kiri, terkait dengan kemampuan emosional, visual, relaksasi dan kegiatan yang bersifat feminin.

Sedangkan belahan otak kiri, yang dirangsang oleh dominasi lubang hidung kanan, dihubungkan dengan kegiatan verbal, lebih energik dan rasional.

Fungsi masing-masing lubang hidung bisa dirasakan pada saat proses penyembuhan. Contoh masing-masing fungsi lubang hidung antara lain:

Bernapas dominan lubang hidung kanan

  1. Meredakan sakit kepala
  2. Dapat membantu menyembuhkan gangguan pencernaan kronis
  3. Meringankan susah buang air besar (sembelit) dan susah makan

Bernapas dominan lubang hidung kiri
  1. Dapat meredakan stres
  2. Mengatasi kesulitan tidur (insomnia). Caranya, berbaring di sisi kanan dan bernapas dengan lubang hidung kiri (menurup lubang hidung kanan) selama 25 sampai 30 menit.

Penyuap Gayus Bisa Lolos

Mabes Polri menjerat tersangka kasus mafia pajak Gayus Tambunan hanya dengan pasal gratifikasi, bukan penyuapan. Hal ini menimbulkan kecurigaan baru kalau ada upaya untuk melindungi para penyuap Gayus.

Peneliti ICW Febri Diansyah menuturkan, pasal 12B ayat (2) UU No.20/2001 jo UU 31/1999 tentang gratifikasi rentan disiasati.

"Prinsipnya, kita tidak ingin ada "siasat" baru lagi dalam kasus Gayus ini," kata Febri saat berbincang dengan detikcom, Sabtu (4/12/2010).

Menurut Febri, penanganan kasus Gayus memang sudah tidak jelas sejak awal. Sebagai contoh, baru kasus PT SAT dengan nilai Rp 570,95 juta yang ditangani, sementara kasus
aliran dana Rp 28 miliar dan safe deposit Rp 75 miliar tidak disentuh.

"Ini dapat saja disebut "rekayasa jilid 2" terhadap kasus Gayus. Karena itu, sebenarnya kita sulit percaya kasus Gayus bisa dituntaskan oleh kepolisian," tutupnya.

Kondisi Terbaru Bromo

Dalam beberapa hari ini aktivitas Gunung Bromo mengalami penurunan. Jika dalam 3 hari ke depan kondisinya stabil atau bahkan menurun, ada kemungkinan status awas Bromo diturunkan menjadi siaga.

Hal itu dijelaskan Kepala Bidang Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Gede Suantika, ke Gubernur Jatim, Soekarwo, dalam pertemuannya di Gedung Grahadi, Surabaya, Sabtu (4/12/2010).

Lanud Abdulrachman Saleh akan Dibuka

Malang - Lapangan Udara TNI AU Abdulrachman Saleh Malang rencananya besok pagi akan kembali digunakan untuk penerbangan sipil. Penutupan ini dilakukan 5 hari lalu oleh Dirjen Perhubungan Udara dengan alasan abu vulkanik Gunung Bromo.

"Masa habis penutupan hari ini, yakni tanggal 4. Jadi mulai besok kembali normal," kata Kepala Dinas Operasi Lanud TNI AU Abdulracman Saleh Kolonel (pnb) Novyanto Widianto kepada detiksurabaya.com saat dihubungi, Sabtu (4/12/2010).

Dia menambahkan, telah mengirim hasil pengamatan terakhir sebagai rekomendasi ke Dirjen Perhubungan Udara tentang pemantauan kondisi lapangan udara. Hasilnya, diketahui abu vulkanik Gunung Bromo tidak lagi sampai ke lanud. Bahkan dari alat ukur intensitas debu yang dimilikinya, terlihat jauh di bawah ambang batas normal.

"Bisa dikatakan lanud kini telah clear dari debu vulkanik Gunung Bromo. Bahkan, kini tidak lagi terimbas," tuturnya.

Novyanto menegaskan, pihaknya telah menyampaikan kondisi terakhir Lanud
Abdulrachman Saleh ini kepada masing-masing maskapai. Selain mengirimnya ke
Dirjen Perhubungan Udara.